4 Aktivitas yang Harus Dihindari setelah Total Knee Replacement

Pasca operasi yang dilakukan ada proses pemulihan untuk dijalankan agar otot-otot lutut dapat kembali bekerja dengan baik. Kerusakan pada lutut yang diatasi dengan operasi TKR tidak akan sia-sia jika menjalani setiap proses dengan baik. Mengingat biaya operasi TKR tidak murah maka Anda perlu memahami aktivitas yang harus dihindari pasca operasi.

TKR

  1. Latihan yang Padat

Pasca operasi Anda memang perlu melakukan latihan-latihan untuk menguatkan kondisi otot hanya saja latihan tersebut juga harus dikontrol. Jika Anda baru mulai melakukan gerakan latihan menggerakkan lutut di atas tempat tidur, cukup lakukan beberapa kali saja secara perlahan.

Pergerakan yang terlalu lama di tahap awal akan membuat bagian sendi lutut justru menjadi keram. Latihan harus terus berlanjut dengan perlahan, saat Anda mulai melakukan latihan berdiri pastikan kondisi lutut tidak nyeri. Jika terasa nyeri hentikan latihan dan istirahatkan lutut dengan meluruskannya.

Lakukan perenggangan pada bagian sendi secara bertahap dan tidak terlalu sering karena jika kecapekan akan mengganggu proses pemulihan. Pastikan jika terjadi keluhan beberapa hari setelah operasi untuk melakukan pemeriksaan kembali. Tujuannya untuk memastikan operasi total knee replacement yang dilakukan tidak bermasalah.

  1. Tidur dengan Miring

Pasca operasi, Anda harus memposisikan kondisi lutut tidak terhimpit karena akan membuat proses pemulihan menjadi terhambat. Aktivitas yang harus Anda hindari adalah tidur dengan posisi miring karena akan membuat lutut terhimpit. Posisi tidur ini juga dapat menyebabkan Anda mengalami keram pada bagian lutut sehingga membuat otot-otot menjadi kaku.

  1. Aktivitas Lari

Biaya operasi TKR sebesar puluhan juta akan sia-sia jika Anda tidak membatasi aktivitas pergerakan sendi pada lutut. Meskipun telah melakukan latihan menggerakkan otot-otot lutut secara rutin, Anda tetap harus mengindari untuk melakukan aktivitas berat. Salah satu contohnya adalah lari atau olahraga apa pun.

Sudah bisa melepaskan alat bantu immobilizer sendi lutut saat berjalan bukan berarti kondisi lutut sudah 100% pulih. Anda tidak boleh melakukan aktivitas yang membuat tekanan pada bagian sendi lutut menjadi besar. Apa lagi untuk melakukan olahraga seharusnya dihindari dalam waktu beberapa bulan sampai dinyatakan telah pulih oleh dokter yang menangani.

  1. Mengangkat Beban

Lutut merupakan bagian yang sendinya menjadi tumpuan beban dari masa tubuh yang dimiliki. Proses pemulihan sendi pada lutut akan menjadi lebih lama ketika diberikan beban yang berat. Hal ini perlu Anda hindari untuk tidak mengangkat beban berat selama proses pemulihan. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kerusakan berulang karena tidak menjaga aktivitas.

Aktivitas apa pun yang akan Anda lakukan pasca operasi harus dengan hati-hati mengingat kondisi sendi lutut masih belum pulih. Total knee replacement memang merupakan tindakan bedah yang selalu berhasil, hanya saja Anda tetap harus waspada. Pastikan setiap keluhan selama proses penyembuhan untuk terus melakukan konsultasi dengan dokter spesialis orthopedic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *